1
Sekretaris Daerah se-Kalimantan Barat Belajar Keterbukaan Pemerintah ke Bojonegoro

Kabar

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia.

Sekretaris Daerah se-Kalimantan Barat Belajar Keterbukaan Pemerintah ke Bojonegoro

  • 15/September/2017
  • 21
  • 994

Bojonegoro - 13 September 2017 - Setelah melihat langsung bagaimana sistem kerja yang dibangun di Kabupaten Bojonegoro dan inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten yang dulunya masuk kabupaten miskin di Propinsi Jawa Timur ini. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat menegaskan bahwa apa yang dilakukan di Kabupaten Bojonegoro ini harus menjadi contoh bagi daerahnya. Tak hanya itu namun menjadi contoh bagi seluruh daerah yang ada di Indonesia. Demikian yang diungkapkan oleh Ir Anggraito ketika ditemui Humas, Rabu (13/9) pagi tadi seusai acara pembukaan kunjungan kerja dan pengembangan wawasan bagi sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat dan peserta Branchmarking pendidikan dan pelatihan pimpinan tingkat IV angkatan XVIII dan XIX di Kabupaten Bojonegoro pagi tadi.

Anggraito menegaskan bahwa setelah melihat langsung bagaimana kiprah Bojonegoro dengan beragam inovasi yang dilakukan ini dirinya sangat merasa bangga . Bagaimana tidak daerah yang sepuluh tahun lalu masuk daerah miskin kini menjelma menjadi Kabupaten dengan pergerakan ekonomi yang sedemikian signifikan, belum lagi masalah pengentasan kemiskinan yang kini dilakukan. Bojonegoro, menurut Anggraito, mampu melakukan transformasi dengan demikian apik ditengah keterbatasan yang dimiliki. Semangat untuk berbuat dan menjadi kabupaten yang maju menjadikan kabupaten ini getol mengeluarkan inovasi-inovasi di beragam bidang. Anggraito melihat langsung bagaimana keterbukaan anggaran benar-benar dilakukan oleh Kabupaten Bojonegoro.

Ditambahkan oleh pria kelahiran Magetan ini bahwa Bojonegoro dari daerah minus dibalik menjadi daerah yang mampu lepas dari 10 besar daerah miskin di Provinsi Jawa Timur. Apa yang dilakukan di Kabupaten Bojonegoro ini akan di transformasi oleh seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat . Apa yang terjadi di Bojonegoro ini harus menjadi contoh positif yang patut ditiru oleh seluruh daerah. Jadi tak salah jika daerah melakukan kunjungan di Bojonegoro karena banyak hal positif yang akan didapatkan di Bojonegoro. Keberhasilan Bupati Bojonegoro ini , lanjutnya, jangan berhenti ditingkat Kabupaten namun ditataran yang lebih tinggi seperti Provinsi, karena yang dilakukan di Bojonegoro ini sangat luar biasa.

Alpius, S.Sos, MM selaku Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat  ketika di temui Humas mengatakan sangat takjub dengan yang dilakukan oleh Kabupaten Bojonegoronya utamanya adalah masalah penerapan Teknologi Informasi (TI) . Kabupaten Bojonegoro memiliki 79 aplikasi yang mendukung kinerja yang dilakukan pemerintah. Menurut Alpius, penerapan teknologi untuk pelayanan satu atap di Kabupaten Bojonegoro yang tersentral satu titik menjadikan layanan tersebut cepat. Menurut Alpius bahwa ini yang akan diterapkan diwilayahnya. Hal lain yang ingin diadopsinya adalah terkait keterbukaan dan transparansi yang dilakukan oleh Kabupaten Bojonegoro begitu terbuka.Sehingga rakyat dan siapapun bisa mengakses dengan mudah dan gampang. Hal positif ini akan diterapkan namun dengan menyesuaikan potensi yang dimiliki wilayahnya.

Dalam kunjungan kerja ini Sekretaris Daerah (Sekda) di Provinsi Kalimantan Barat melakukan audiensi langsung dengan Bupati Bojonegoro dirumah dinas, kemudian mengikuti pertemuan di gedung 4 Kantor Pemkab Bojonegoro . Selanjutnya mereka melakukan kunjungan di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melihat langsung bagaimana pelaksaan program inovasi di Bojonegoro.

###

Komentar


Mitra OGI

Newsletter