RENCANA AKSI OGI

Rencana Aksi merupakan instrumen utama untuk memastikan kesinambungan ide, gagasan, dan kolaborasi dalam menjalankan prinsip-prinsip pemerintahan terbuka di Indonesia. Pahami dan mari awasi bersama-sama implementasinya.

Rencana Aksi OGI 2013

Filter Renaksi 2013
+
Penanggung Jawab
Infrastruktur Implementasi Open Government Indonesia

13
Operasional Layanan Informasi Badan Publik Lingkup Pemerintah Pusat Melalui Pembentukan PPID Badan Publik Dan Perangkatnya
Penanggung Jawab

Instansi Terkait

Ukuran Keberhasilan


Capaian


Implementasi

Terbentuk ppid badan publik, prosedur operasional standar (pos) layanan informasi, dan daftar informasi publik di 70 Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Saat ini baru tercapai di 36 LPNK.

14
Mendorong Percepatan Pembentukan Operasional Layanan Informasi Lingkup Pemda Melalui Pembentukan Ppid Pemda Dan Perangkatnya
Penanggung Jawab

Instansi Terkait

Ukuran Keberhasilan


Capaian


Implementasi

Terkirimnya radiogram/surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mendorong percepatan dan evaluasi pembentukan PPID Pemda, Terbitnya SK Tim Asistensi dan Supervisi pembentukan PPID Pemda, Tersusunnya strategi dan rencana kerjaserta evaluasi pembentukan PPID Pemda, dan Terlaksananya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PPID Pemda. 

15
Mendorong Implementasi Open Government Secara Penuh di Provinsi/Kab/Kota Percontohan
Penanggung Jawab

Instansi Terkait

Ukuran Keberhasilan


Capaian


Implementasi

Terlaksananya pilot project implementasi open government di Kalimantan Tengah, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kota Ambon. dua tahun kegiatan proyek daerah percontohan (pilot project) Open Government dilaksanakan dan fokus pada transparansi anggaran daerah, transparansi pendidikan (dana BOS dan penerimaan siswa), layanan kesehatan, dan operasionalisasi PPID. Nota kesepahaman daerah percontohan telah ditandatangani pada bulan November 2012 dan selesai dalam enam bulan. Hasil dari daerah percontohan adalah:

  1. Telah terpublikasinya laporan keuangan (open budget) di Kota Ambon. (http://www.ambon.go.id/index.php/transparansianggaran.html
  2. Open school tertuang dalam program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online (www.ppdb.kemdikbud.go.id) di 3 wilayah Provinsi Kalteng (http://kotapalangkaraya.siapppdb.com/), Kabupaten Indragiri Hulu (http://indragirihulu.siap-ppdb.com/#!/020001/sekilas) dan Kota Ambon (http://arsip.siap-ppdb.com/2013/ambon/#!/030001/hasil/seleksi/p/36010002/1/simple).
  3. Operasionalisasi PPID di Provinsi Kalteng, Kota Ambon11 (http://www.ambon.go.id/data/PPID/Keputusan%20Walikota%20Ambon%20No%2024%20Thn%202013.pdf) dan Kabupaten Indragiri Hulu (http://inhukab.sip-ppid.net/). 

Newsletter