RENCANA AKSI OGI

Rencana Aksi merupakan instrumen utama untuk memastikan kesinambungan ide, gagasan, dan kolaborasi dalam menjalankan prinsip-prinsip pemerintahan terbuka di Indonesia. Pahami dan mari awasi bersama-sama implementasinya.

Rencana Aksi

Rencana Aksi OGI merupakan tulang punggung dari pergerakan OGI. Lewat Rencana Aksi, berbagai program kerja dua-tahunan disusun sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mengimplementasikan pemerintahan terbuka.

Rencana Aksi ditujukan untuk membantu setiap instansi pemerintah yang berkomitmen dalam menentukan langkah-langkah terbaik bagi hadirnya transparansi, akuntabilitas, partisipasi publik yang lebih luas, dan inovasi di dalam penyusunan kebijakan publik.

Rencana Aksi atau disebut juga Renaksi, disusun dengan prinsip co-creation atau penciptaan bersama secara terbuka. Prinsip ini berarti instansi pemerintah berkolaborasi dengan masyarakat sipil untuk menentukan area-area prioritas yang diperlukan untuk mewujudkan pemerintahan terbuka. Untuk panduan penyusunan Rencana Aksi lebih lanjut
klik disini

Setelah disusun dan kemudian diimplementasikan, perjalanan Rencana Aksi akan dievaluasi secara independen oleh evaluator independen. Dokumen hasil evaluasi tersebut adalah dokumen yang dikenal sebagai Independent Review Mechanism atau disebut juga IRM. IRM mengevaluasi Renaksi dari proses penyusunannya hingga ke pengimplementasiannya.

Inisiatif OGP merupakan proses yang dinamis, dan harus berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pilar dan pemangku kepentingan. Kesinambungan ide, gagasan dan kolaborasi dalam menjalankan prinsip-prinsip OGP akan tercermin dalam Renaksi yang djalankan setiap tahun.

Newsletter