Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Workshop Infografis: Agar Data Yang Disajikan Pemerintah Lebih Mudah Dipahami

  • Kamis, 25/11/2013
  • 0
  • 349

Workshop Infografis


Pada tanggal 18 November 2013 lalu, Open Government Indonesia (OGI) mengadakan sebuah Knowledge Forum dengan tema “Workshop Infografis”. Kegiatan yang dilakukan di Gedung Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) Ini bertujuan memberikan pelatihan kepada perwakilan Kementerian/Lembaga agar mampu menyajikan data-data pemerintah dalam bentuk yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Menurut Dedi Noor Cahyanto, selaku penanggung jawab workshop, saat ini data-data terkait pemerintahan yang dipublikasikan untuk masyarakat masih terbilang rumit dan kompleks, sehingga sulit untuk dipahami masyarakat awam. Diharapkan, dengan adanya workshop ini akan lebih banyak data-data pemerintahan yang dipublikasikan dalam bentuk infografis, sehingga memudahkan pemahaman masyarakat.

Workshop Infografis yang dikemas dalam Knowledge Forum OGI ini mendapat sambutan antusias, sebanyak 63 peserta dari 22 K/L hadir untuk mengikuti workshop. Workshop Infografis ini dibagi menjadi dua sesi, untuk sesi pertama diisi tentang penjelasan umum terkait infografis, termasuk didalamnya langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat sebuah infografis, sedangkan sesi kedua diisi dengan praktek langsung pembuatan infografis.

Saat ini di website-website resmi pemerintah memang belum banyak kementerian/lembaga yang menyajikan data-datanya dalam bentuk infografis. Kebanyakan data yang disajikan adalah data-data yang masih rumit dan kompleks. Namun hal ini bukan berarti infografis adalah hal yang baru di lingkungan pemerintahan, Kementerian Keuangan misalnya, telah mempublikasikan tentang APBN 2013 dalam bentuk infografis. (OpenGov)

Komentar

Newsletter