Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Usulkan Inovasi Terbaik Indonesia untuk OGA 2015

  • Kamis, 22/05/2015
  • 0
  • 389

OG Awards


Indonesia sebagai salah satu dari penggagas gerakan inisiatif multilateral “Kemitraan Pemerintah Terbuka” atau Open Government Partnership (OGP) telah terlibat secara intensif dalam mendorong transparansi, partisipasi,dan akuntabilitas baik di dalam negeri maupun luar negeri, khususnya di negara-negara Asia Pasifik.

Dipelopori Keketuaan Indonesia di OGP di tahun 2014, muncul kompetisi tahunan yang kita kenal dengan Open Government Awards (OGA). OGA adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada pemerintah dan masyarakat sipil dari negara anggota OGP atas inovasi/inisiatif pemerintah yang responsif, terbuka, dan partisipatif yang telah dianggap memberikan dampak positif terhadap warganya. Setiap tahun tema yang dipilih untuk OGA akan berbeda-beda.

Tahun 2014, tema yang dipilih adalah Partisipasi Publik. Klik link berikut untuk menemukan profil-profil pemenang Open Government Awards 2014. Pemenang OGA 2014 mendapat kehormatan untuk mempresentasikan inovasi mereka di hadapan 10 Kepala Pemerintahan/Negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OGP September 2014 di New York.

Open Government Awards 2015 kembali dibuka tahun ini. Tema yang dipilih adalah Peningkatan Pelayanan Publik. Pemahaman terkait tema-tema fokus dapat dilihat di siniSetiap negara anggota diundang untuk menominasikan satu inisiatif terbaiknya. Para pemenang OGA 2015 akan diundang untuk mempresentasikan inovasi mereka pada KTT OGP di bulan Oktober 2015 di Mexico City.

Untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, kami perwakilan dari “Sekretariat Bersama OGI” yang sekarang dimotori oleh KSP dan Bappenas ingin mengundang partisipasi teman-teman sekalian di dalam menominasikan inisiatif-inisiatif terbaik yang bangsa kita punya. Adapun syarat-syaratnya antara lain:

·    Ada kolaborasi kuat antara pemerintah dan non pemerintah di dalam keberlangsungan inovasi/inisiatif/project yang dinominasikan (harus bisa dijelaskan peran masing-masing stakeholder, baik dari pemerintah maupun non pemerintah);

·    Ada focal point/ penanggung jawab utama dibalik inovasi/inisiatif/project yang dinominasikan yang mau bekerja bersama dengan Sekretariat Bersama OGI untuk menyelesaikan aplikasi OGA 2015;

·    Ada bukti konkrit bahwa inisiatif telah menghasilkan dua atau lebih dari indikator di bawah ini:

o  Warga memiliki akses terhadap informasi yang lebih baik ke pelayanan publik yang berhak mereka dapatkan dan/atau informasi terkait kinerja penyedia layanan publik.

o  Pemerintah mejadi lebih baik dalam meminta atau merespon umpanbalik (feedback) atau keluhan dari masyarakat terkait kualitas pelayanan publik

o  Warga memiliki berbagai cara untuk secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan dan pemberian layanan publik

o  Warga memiliki mekanisme untuk mengawasi dan memantau kerja dan layanan publik

·    Ada komitmen bahwa inisiatif yang diajukan akan terinstitusionalisasikan atau di-scale up di waktu mendatang

·    Inisiatif yang diajukan dapan mendemonstrasikan bahwa kegiatan nya berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap golongan masyarakat marginal (kaum miskin, disabilitas, minoritas, ataupun perempuan) sehingga kian mempromosikan pembangunan yang inklusif * Kriteria ini bukan merupakan kriteria wajib, namun dapat memberikan NILAI TAMBAH.

Berangkat dari pemahaman tersebut, Sekretariat Bersama Open Government Indonesia, mengundang rekan-rekan sekalian untuk memberikan masukan atas inisiatif/inovasi/project yang tepat untuk diusung Indonesia ke dalam kompetisi tersebut.

Publik yang ingin menominasikan inisiatif unggulannya, dapat mengisi matrix berikut. Untuk memudahkan proses pengisian, matrix terlampir memaparkan contoh kasus LAPOR! sebagai nominasi yang diusulkan. Usulan dapat dikirimkan ke alamat Fithya Findie <fithya.findie@gmail.com> dan Secretariat CSO OGP Indonesia <secretariat.cso.opengovindo@gmail.com>. Masukan paling lambat pada diterima sebelum hari Jumat, 29 Mei, pukul 2 siang.

Sebagai catatan tambahan:

1.   Inisiatif yang pernah diusung di dalam kompetisi-kompetisi OGP sebelumnya tidak bisa diusung kembali (OGP BrightSpot, OGP Lightning Taks).

2.   Sehubungan dengan tema peningkatan layanan publik yang diusung kali ini, OGP juga mendorong agar inisiatif yang berada di tingkat daerah juga dapat diikutsertakan. Pemerintah daerah (kota, kabupaten, provinsi, dll) biasanya merupakan pemerintah yang paling dekat berhadapan dengan warganya serta memainkan peranan penting dalam penyediaan layanan publik.

Timeline Nasional (Indonesia) dari kompetisi ini adalah sebagai berikut:

·    29 Mei : Deadline penerimaan masukan inisiatif Open Government Awards dari Indonesia

·    1-3 Juni : Proses penjurian

·    3 Juni: Keputusan inisiatif Open Government Awards yang akan diusung dari Indonesia akan diumumkan

·    4-12 Juni : Pembuatan aplikasi (Penanggung jawab utama adalah: main focal point dari inovasi yang dipilih)

·    15 Juni : Aplikasi Indonesia diunggah ke website OGA 2015

Masukan Anda membantu menyukseskan partisipasi Indonesia di dalam Open Government Awards 2015!

Komentar

Newsletter