Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

UKP4 dan Pemda DKI Sepakat Menyatukan Kanal Aduan Masyarakat

  • Kamis, 18/04/2013
  • 0
  • 127

Lapor



Pada hari kamis 18 April 2013, pemerintah DKI Jakarta yang diwakili oleh Basuki Cahaya Purnama dan Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang diwakili oleh Kuntoro Mangkusubroto menandatangani MoU pengintegrasian kanal Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) di kantor UKP4.

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah aplikasi media sosial yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi capaian program pembangunan maupun pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program pembangunan nasional.

Menurut Ahok, panggilan akrab Basuki Cahaya Purnama, LAPOR! adalah sebuah ide dan teknologi yang bagus untuk memperbaiki layanan publik pemerintah, “Ini satu teknologi yang baik, satu ide yang baik dari UKP4, tapi tidak hanya sistem, mesti ada orang yang turun kelapangan menindaklanjutinya, kalau ini bisa dilaksanakan semua kita yakin jakarta baru terwujud” jelas Ahok.

Lebih lanjut Ahok berharap agar penyatuan kanal laporan pengaduan ini bisa menjadi model, sehingga seluruh daerah di Indonesia bisa menggunakan LAPOR!. Menurut Ahok, saat ini semua SKPD telah membuat unit-unit khusus, sehingga setiap ada laporan masuk bisa langsung ada tindakan.

“Pada masa ujicoba sejak januari 2013” tukas Ahok, “LAPOR! terbukti memudahkan kerja kami dlam menangani isu-isu promer di ibu kota, seperti banjir, infrastruktur, hingga kesehatan. LAPOR! juga mendongkrak efektivitas dan efisiensi kerja” terang Ahok. Lebih lanjut wagub DKI ini menjelaskan bahwa dengan adanya LAPOR! ini maka intensitas blusukan Gubernur DKI bisa berkurang. “Beban laporan yang masuk ke hape saya pun juga berkurang” lanjut Ahok.

Sementara itu Kepala UKP4, Kuntoro Mangkusubroto, menjelaskan bahwa pemda DKI adalah pemerintah daerah pertama yang mengintegrasikan kanal laporan pengaduan masyarakat dengan LAPOR  “Selanjutnya pemerintah Kota Ambon dan Kabupaten Indragiri Hulu juga akan menggunakan LAPOR!” jelas Kuntoro. Menurut Kepala UKP4, sebelum pemda DKI menggunakan LAPOR! semua kementerian sudah lebih dulu menggunakannya. “Semua kementerian sudah masuk dalam jaringan ini” Ujar Kuntoro, menjelaskan. (OpenGov)

 

Komentar

Newsletter