Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Tiga Anggota Baru Tim Inti OGI Telah Terpilih

  • Kamis, 18/10/2013
  • 0
  • 151

jari indonesia


Untuk memperkuat gerakan dalam membangun semangat Open Government di Indonesia, Tim Inti Open Government Indonesia (OGI) membentuk Panitia Rekruitmen untuk menyeleksi calon anggota baru Tim Inti OGI dari unsur Organisasi Masyarakat Sipil (OMS). Saat ini ada 11 anggota Tim Inti OGI yaitu Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Komisi Informasi Pusat (KIP), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemPANRB), Transparansi Internasional Indonesia (TII), Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) dan Indonesian Centre For Environmental Law (ICEL), penambahan 3 anggota baru ini akan membuat jumlah Tim Inti menjadi 14, dengan rincian 7 anggota dari unsur pemerintah, dan 7 anggota lagi dari unsur OMS. Tiga anggota baru yang terpilih tersebut yaitu Gerakan Anti Korupsi Aceh (Gerak Aceh), JARI Indonesia, dan Komite Pemantau Legislatif Makassar (KOPEL) Makassar.

Proses Pemilihan

Pada kurun waktu 26 Agustus – 16 September 2013 Panitia Rekruitmen Tim Inti CSO – OGI  yang terdiri dari para anggota Tim Inti OMS dan Sekretariat OGP OMS Indonesia telah menjalankan proses rekruitmen terhadap calon Tim Inti OMS – OGI. Berdasarkan publikasi dan penyebaran undangan ketertarikan, maka terdapat 9 OMS yang tertarik untuk bergabung.

Berdasarkan rapat seleksi administratif yang berlangsung pada 12 September 2013, dengan melakukan verifikasi terhadap pemenuhan syarat-syarat dalam ketentuan rekruitmen, maka terdapat  6 kandidat yang dinyatakan lolos dengan pemenuhan skor rata-rata di atas 7 (maksimal skor: 9). Panitia kemudian kembali mengadakan pertemuan pada tanggal 12 dan 13 September untuk memutuskan calon OMS terpilih berdasarkan penilaian kualitatif terhadap ke 6 kandidat:

1.   Penguatan simpul jaringan OMS di daerah

2.   Inovasi 5 tahun terakhir terkait akses informasi, transparansi, akuntabilitas dan partisipasi publik.

3.   Sustainability agenda Open Government

4.   Status kelembagaan OMS

Berdasarkan sejumlah indikator penilaian di atas, kemudian terpilih 3 kandidat, yaitu:

1.   GeRAK Aceh

2.   JARI Indonesia

3.   KOPEL Makassar

Pada tanggal 14 September, Panitia kembali melakukan pengecekan akhir terhadap kesiapan masing-masing kandidat calon anggota Tim Inti OGI, khususnya terkait dengan:

1.   Keluwesan dan pengalaman berkoordinasi dengan pemerintah oleh masing-masing lembaga.

2.   Tingkat responsivitas: potensi secepat apa mereka bisa bergerak sesuai dengan ritme tim inti.

3.   Integritas dan kapasitas kelembagaan.

4.   Pengalaman berjejaring dengan siapa saja terkait keluasan hubungan dan tingkat kekuatan pengaruh.

Hasilnya panitia mengukuhkan keputusan sebelumnya dengan memilih 3 OMS tersebut di atas, yakni:

1.   GeRAK Aceh

2.   JARI Indonesia

3.   KOPEL Makassar

Dengan berakhirnya proses rekruitment ini maka GeRAK Aceh, JARI Indonesia dan KOPEL Makassar telah resmi menjadi anggota Tim Inti Open Goverment Indonesia (OpenGov)

Komentar

Newsletter