Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

“SOLUSIMU” Dinominasikan Masuk Open Government Award 2014

  • Kamis, 19/06/2014
  • 0
  • 311

solusimu



Inovasi dalam meningkatkan kualitas kebijakan dan pelayanan publik tidak boleh berhenti dan harus terus membaru. Cara-cara segar untuk membuka ruang dan kesempatan bagi warga untuk berkontribusi dan memberi umpan-balik kepada pemerintah harus dicari dan mereka yang membawa pembaruan ini diapresiasi.

Senada dengan semangat ini, pada Open Government Partnership (OGP) Summit di London bulan Oktober 2013, OGP menggagas sebuah kompetisi: Open Government Award. Kompetisi ini mengangkat tema “Citizen Engagement” yang difokuskan untuk menjaring inisiatif berkelanjutan yang mendorong keterlibatan masyarakat dalam penyelengaraan pemerintahan yang terbuka.

Masing-masing negara anggota OGP, yang mana Indonesia adalah salah satu pendirinya, bisa memasukkan satu nominasi inisiatif. Di dalam kompetisi ini OGP mensyaratkan keterlibatan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam menyeleksi dan menyahihkan inisiatif yang akan diajukan. Pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 30 Juli 2014.

Penilaian pemenang Open Government Award akan ditentukan oleh dewan juri yang terdiri 23 orang dari elemen-elemen pemerintahan dan para praktisi masyarakat sipil, termasuk di dalamnya dua orang dari Indonesia: Alexander Irwan (Ford Foundation) dan Tri Mumpuni (IBEKA).

Juara pertama, kedua dan ketiga akan mendapatkan penghargaan emas, perak dan perunggu. Para peserta juga akan diundang untuk menghadiri acara penghargaan yang akan diadakan di kota New York, Amerika Serikat pada Bulan September 2014.

Dalam upaya menjaring inisiatif-inisiatif hebat yang layak diapresiasi, pada tanggal 23 Mei 2014, Open Government Indonesia berkonsultasi dengan OMS mengenai proses penominasian dan meminta masukan inisiatif serta kandidat kurator. Dalam waktu 4 hari, OMS menyebarkan informasi ke jaringan dan terkumpul 3 inisiatif untuk didiskusikan oleh para kurator.

Ada tiga inisiatif yang masuk pada tahap akhir, yaitu Matamassa.org, Kontes Inovasi Solusi bertemakan “Solusimu, Ayo Berinovasi!” (disingkat SOLUSIMU) dan film Kita versus Korupsi. Sementara itu, masukan kandidat kurator yang independen telah diberikan oleh rekan-rekan OMS. Kurator tersebut dihubungi satu per satu dan terkumpul 5 kurator yang bersedia.

Para kurator tersebut adalah Sugeng Bahagijo (INFID) dari elemen OMS, Freddy Tulung (KemKominfo) dari elemen pemerintah, Dr. Mova Al Afghani (SBM ITB) dari elemen akademisi, Pangeran Siahaan (Ayo Vote) dari elemen pemuda serta Agung Djojosoekarto (Kemitraan).

Para kurator diberikan waktu dan secara terpisah memberikan keputusan yaitu SOLUSIMU, yang digagas oleh Unit Kerja Kepresidenan Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) akhir tahun lalu, terpilih dengan suara terbanyak. Mengetahui keputusan tersebut, Indonesia mengajukan SOLUSIMU melalui situs opengovawards.org pada tanggal 30 Mei 2014.

SOLUSIMU adalah kontes yang bermaksud menantang masyarakat berkontribusi memberikan suaranya dalam memberikan solusi bagi pembangunan. Selain itu kontes SOLUSIMU turut menantang para desainer untuk membuat desain infografis tentang pembangunan.

SOLUSIMU melakukan jemput ide solusi ke 10 kota besar di Indonesia yang dibuat untuk memfasilitasi ide-ide yang muncul dari masyarakat hingga lapisan terbawah untuk pemerintahan yang lebih baik dan mengubah pembangunan di sekitar mereka. Juga melalui surat elektronik dan P.O. Box. Solusi inovatif yang masuk kemudian diseleksi dan dijalankan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintahan terkait. Masyarakat diharapkan tidak hanya mampu mengidentifikasi permasalahan di sekitarnya, tapi juga menyumbangkan ide untuk memecahkan permasalahan tadi.

Tahap selanjutnya, tim Open Government Indonesia bekerja sama dengan OMS akan menghimpun detail aplikasi, termasuk video pemenang Solusimu yang akan diunggah ke situs opengovawards.org sebelum tanggal 27 Juni 2014. (OpenGov)

Komentar

Newsletter