Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Soft Launching Portal Data APBN Kementerian Keuangan

  • Kamis, 19/09/2016
  • 0
  • 217

Wakil Menteri Keuangan meresmikan Portal Anggaran APBN

Jakarta – Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) melakukan soft-launching Portal Data APBN pada 14 September 2016 lalu. Portal data ini ditujukan untuk semakin memperluas akses publik terhadap data anggaran pemerintah. Melalui portal ini, masyarakat dapat mengetahui alokasi pagu anggaran dan realisasi penganggaran pemerintah di setiap tahun fiskal.

Peluncuran Portal Data APBN ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan Fiscal Transparency Portal Workshop yang diselenggarakan oleh Global Initiatives on Fiscal Transparency (GIFT) dan Kemenkeu. Dalam kegiatan tersebut hadir beberapa perwakilan dari Kementerian Keuangan beberapa negara seperti Meksiko, Paraguay, Kanada, Afrika Selatan, Filipina, dan Vietnam. Hadir pula perwakilan dari para ahli masyarakat sipil di enam negara yaitu Benin, Brasil, Kanada, Indonesia, Meksiko, Afrika Selatan, dan Vietnam.

Akses publik terhadap APBN sebenarnya sudah menjadi perhatian Kemenkeu sejak lama. Sebagai salah satu langkah awal, beberapa tahun belakangan ini Kemenkeu selalu mempublikasikan perencanaan anggaran kepada publik melalui media massa. Hal ini juga sudah dikonfirmasi dalam laporan interim Open Budget Survey 2016 dalam penilaian terhadap ketersediaan data anggaran Indonesia di tahapan pre-budget (perencanaan anggaran) dan enacted budget (anggaran yang sudah disepakati) yang sudah tersedia. Berbeda dengan hasil Open Budget Survey di tahun 2015 yang menunjukan informasi terkait perencanaan anggaran masih bersifat dokumen internal.

Namun pendekatan ini masih belum lengkap untuk memperbaiki tingkat keterbukaan dari anggaran karena sifatnya yang masih bersifat one-off dan akses publik terhadapnya masih sangat terbatas. Padahal publik membutuhkan kemudahan akses yang selalu terbuka dan dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Dalam komponen penilaian terbaru Open Budget Survey, kini mulai dicantumkan publikasi anggaran negara melalui situs resmi sebagai salah satu komponennya. Karena ketersediaan data secara online akan sangat signifikan dampaknya terhadap satu indikator penting dari keterbukaan anggaran, yaitu partisipasi publik.

Dengah hadirnya Portal Data APBN, maka transparansi anggaran secara nasional sudah memiliki platform yang dapat diakses oleh publik dimana pun dan kapan pun. Dengan platform ini, publik dapat dengan mudah melihat pemaparan yang lebih jelas terkait alokasi anggaran dan rasional di balik penentuannya.

Akan tetapi, beberapa tugas rumah memang masih dimiliki oleh Kemenkeu dalam mengembangkan Portal Data APBN ini ke depannya. Data anggaran yang belum terintegrasi dengan data realisasi anggaran di setiap Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah menjadi salah satunya. Selain itu, dokumen yang tersedia di Portal Data APBN sifatnya masih berbentuk informasi publik dan belum dalam format terbuka karena baru menggunakan jenis file PDF. Sehingga partisipasi publik yang lebih besar memang belum terakomodasi. Kemenkeu sendiri berkomitmen untuk terus mengembangkannya secara perlahan. Paling tidak hal ini telah menjadi pintu masuk awal bagi hadirnya transparansi anggaran yang lebih baik. (LO)

###

Komentar

Newsletter