Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Renaksi OGI 2016-2017 Masuki Tahap Finalisasi

  • Kamis, 24/06/2016
  • 0
  • 535

Penyusunan Rencana Aksi (Renaksi) OGI 2016-2017 telah sampai pada tahap terakhir yakni tahap finalisasi atau tahap kelima. Mengawali tahap finalisasi adalah sebuah pertemuan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan di dalam penyusunan Renaksi ini.

Pertemuan yang bertajuk “Kick-off Pembahasan Rancangan Rencana Aksi OGI 2016-2017” diselenggarakan pada Senin, 13 Juni 2016 di Bappenas. Pertemuan kick-off dipimpin bersama Deputi II Kantor Staf Presiden dan Direktur Aparatur Negara Bappenas, selaku koordinator nasional Tim Pelaksana Open Government Indonesia.

Pertemuan Kick-off melibatkan perwakilan dari 18 Kementerian/ Lembaga, perwakilan kelompok masyarakat sipil dan beberapa organisasi internasional sebagai mitra strategis Open Government Partnership (OGP) di tingkat global.

Serangkaian pertemuan bilateral untuk menajamkan Renaksi diselenggarakan selepas pertemuan kick off pada 14-17 Juni 2016. Tujuh pertemuan bilateral diselenggarakan untuk secara spesifik membicarakan ketujuh subtema antara lain:

1.       Tata kelola pemerintahan/ reformasi birokrasi;

2.       Keterbukaan anggaran;

3.       Perbaikan tata kelola informasi geospasial;

4.       Penguatan keterbukaan informasi publik;

5.       Keterbukaan parlemen;

6.       SDGs; dan

7.       Penguatan Pemerintahan dan Masyarakat Desa dalam Partisipasi Pembangunan Desa.


Pertemuan kick-off dan bilateral diselenggarakan selain untuk menajamkan usulan-usulan komitmen yang tertuang di dalam Renaksi juga sebagai salah satu bentuk pelibatan publik di dalam proses penyusunan Renaksi. Secara konkrit, perwakilan masyarakat sipil yang hadir di setiap diskusi penajaman membantu memberi masukan bagaimana setiap rencana aksi dapat membawa daya ungkit lebih jauh terhadap gerakan keterbukaan yang ada.

Selepas rangkaian diskusi penajaman, Sekretariat Nasional OGI akan mengkonsolidasikan semua masukan yang disampaikan selama pertemuan ke dalam rancangan terbaru Renaksi OGI. Kementerian/Lembaga akan dikonsultasikan sekali lagi sebelum Rancangan Renaksi disepakati bersama di penghujung bulan Juni 2016. Sekretariat juga memastikan bahwa masukan relevan dari publik yang terjaring melalui platform media sosial OGI akan diikutsertakan dan/atau ditindaklanjuti.

Komentar

Newsletter