Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Pemerintah dan Koalisi Masyarakat Sipil Bersama Susun Rencana Aksi Open Government Indonesia 2016-2017

  • Kamis, 08/01/2016
  • 0
  • 176

Lokarya Kementerian / Lembaga Renaksi Open Government Indonesia

Sekretariat Nasional OGI baru saja merampungkan tahap kedua penyusunan Rencana Aksi (Renaksi) OGI melalui Lokakarya Kementerian dan Lembaga yang dilaksanakan 15 Desember 2015 lalu. Dengan mengedepankan pendekatan partisipatoris, untuk pertama kalinya di dalam penyusunan Renaksi OGI, perwakilan pemerintah dari berbagai Kementerian dan Lembaga duduk bersama koalisi masyarakat sipil dalam rangka membahas dan mengidentifikasi tantangan dan rancangan rekomendasi perwujudan pemerintahan yang lebih akuntabel.

Nawa Cita Presiden Joko Widodo untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya yang merupakan dasar gerakan OGI menjadi pembuka sesi Lokakarya oleh Ibu Raden Siliwati, Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas. Ibu Sili menekankan bahwa kolaborasi dan partisipasi aktif dari pemerintah dan masyarakat merupakan kunci untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, demokratis dan terpercaya. Pemaparan tiga kriteria Renaksi OGI: Signifikan, Asset Base, dan Realistis juga turut disampaikan sebagai dasar perumusan rencana aksi

Lokakarya Kementerian dan Lembaga dibagi ke 7 kelompok berdasarkan 7 isu besar pada Renaksi OGI kali ini, yakni Pelayanan Publik, Penegakan Hukum, Transparansi Anggaran, Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Keterbukaan Parlemen, Pembangunan Desa, dan Tata Kelola Data.

Terkait hasil Lokakarya Penyusunan Rencana Aksi OGI 2016-2017, bisa kamu lihat di sini

Komentar

Newsletter