Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Partisipasi Pemerintah Daerah dalam Penyusunan Renaksi OGI 2016-2017

  • Kamis, 08/01/2016
  • 0
  • 128

renaksi


Mengedepankan pendekatan partisipatoris dalam penyusunan Rencana Aksi Open Government Indonesia (Renaksi OGI) kali ini, tahap penjaringan aspirasi offline dengan melakukan penjajakan ke daerah telah dilaksanakan. Upaya ini dilakukan guna mendapatkan pemetaan kebutuhan publik secara lebih komprehensif. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kabupaten Bojonegoro, dan Kota Makassar dipilih sebagai tiga daerah yang mewakili daerah-daerah lainnya di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur.

Jika pada penjaringan aspirasi online masyarakat diminta untuk mengisi kuisioner, pada tahapan penjaringan aspirasi offline masyarakat dan pemerintah duduk bersama dalam Focus Group Discussion sebagai sarana diskusi dan penjaringan aspirasi. Dalam penyusunan Renaksi 2016-2017 ini, OGI ingin lebih meningkatkan pelibatan daerah dalam perwujudan pemerintahan yang akuntabel. Cara ini juga diharapkan menjadi dorongan bagi daerah untuk bisa menerapkan prinsip Open Government di Pemerintah Daerah masing-masing.

Lalu, apa saja yang ditemukan di Penjaringan Aspirasi ke Daerah?

Banyak hal menarik yang ditemukan dari penjaringan aspirasi ke daerah. Sejumlah inovasi telah dilakukan oleh beberapa pemerintah daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang akuntabel. Temuan unik di masing-masing daerah kami rangkum pada kolom berikut: