Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Pantang Mundur Menuju Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu yang Terbuka

  • Kamis, 07/07/2014
  • 0
  • 597

Peta Indragiri Hulu


diambil dari http://bumi-nusantara.blogspot.com/2011/11/kota-rengat-kabupaten-indragiri-hulu.html

Open Government Indonesia (OGI) menyambut baik upaya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Kabupaten Inhu adalah satu dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau yang terletak di sisi timur Pulau Sumatera.

Walaupun berbagai penyelesaian program tertunda setahun dari target awal, Pemkab Inhu—bekerjasama dengan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), UKP-PPP dan pihak lainnya—kini telah berhasil memberikan bukti komitmen menuju layanan publik yang lebih baik dan kesemuanya mengusung pilar Open Government Indonesia.

Undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) merupakan salah satu dasar yang diusung OGI dan merupakan payung penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan menjamin hak atas akses warga negara kepada seluruh dokumen publik sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Kesigapan Pemkab Inhu atas keluarnya UU KIP terwujud dalam penunjukkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di sana meskipun belum sepenuhnya beroperasi. Tak cukup hanya dengan mendirikan PPID, ketersediaan Prosedur Operasional Standar (POS) PPID dan Daftar Informasi Publik (DIP) perlu dimiliki.

Bersama dengan PATTIRO dan Fitra Riau, Pemkab Inhu terus terbuka dan terus bekerjasama dengan OMS untuk memenuhi target yang ingin dicapai. Pada acara sosialisasi UU KIP di Pematang Reba, Kamis 19/6/2014, Ketua Bidang Peneliti FITRA Riau, Triono Hadi, seperti yang dilaporkan situs GoRiau.com, mengapresiasi upaya Pemkab Inhu yang telah selangkah lebih maju daripada kabupaten-kabupaten lainnya di Provinsi Riau yang juga telah memiliki PPID karena telah memiliki Sistem Informasi Publik (SIP) PPID.

Lewat situs, inhukab.sip-ppid.net, Pemkab Inhu telah mengunggah beberapa data, di antaranya ringkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014. Pengunggahan data keuangan ini sejalan dengan upaya transparansi anggaran (Open Budget) Pemkab Inhu setelah pengalaman pahit pada periode kepemimpinan sebelum Bupati Yopi Arianto. Upaya mewujudkan Open Budget ini patut terus didukung, agar setiap kebijakan publik yang pemerintah terapkan dapat diketahui khalayak luas dan menginspirasi daerah-daerah lainnya.

Di samping itu, 14 sekolah di Inhu juga telah terhubung secara online saat Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tahun ajaran 2014-2015. Ke-14 sekolah itu terdiri dari 9 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pelaksanaan PPDB online diapresiasi oleh kepala sekolah yang berencana dan sejalan dengan Dinas Pendidikan Pemkab Inhu.

Seperti diulas oleh Antara Riau dan KataKabar Riau , sistem ini membuat pendaftaran dilakukan kapan saja selama periode yang ditentukan. Para pendaftar bisa memantau langsung peringkatnya di sekolah yang mereka lamar lewat situs indragirihulu.siap-ppdb.com maupun aplikasi smart phone ‘SIAP PPDB’. PPDB ini merupakan salah satu bentuk komitmen riil dari pelaksanaan Open School di Inhu.

Innovasi Kesehatan dan Layanan LAPOR!

Kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan utama Pemkab Inhu. Atas dasar itulah Pemkab Inhu menginisiasi kepada OGI agar keterbukaan kesehatan menjadi program OGI di Inhu selain Open School dan aktivasi PPID. Pemkab Inhu fokus mendayakan puskesmas dan ambulans melalui penjaminan kemudahan akses layanan kesehatan dengan Call Centre Puskesmas 24 jam. Pemkab Inhu turut menghasilkan 1 kartu berisi nomor telepon sehingga mudah disimpan oleh masyarakat di Inhu.

Komunikasi antara Pemkab Inhu dan masyarakat turut dipermudah dengan bergabungnya Pemkab Inhu dalam penggunaan kanal Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR!. LAPOR! bekerja seperti media sosial yang dapat diakses di situsnya, aplikasi mobile LAPOR! Atau yang paling mudah ketik SMS Inhu<spasi>aduan ke nomor 1708.

Selanjutnya, keberjalanan berbagai program di Inhu akan sangat tergantung pada penggunaan oleh masyarakatnya dan juga didukung oleh upaya untuk terus mengembangkan pelayanan demi masa depan masyarakat Inhu yang lebih baik. (OpenGov)

Komentar

Newsletter