Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Newsletter OGI

  • Kamis, 24/09/2013
  • 0
  • 339

newsletter ogi


Newsletter OGI Edisi Februari 2014

Dalam Newsletter OGI kali ini kami mengangkat topik utama mengenai terpilihnya Indonesia sebagai Ketua Utama (Lead Chair) gerakan global Open Government Partnership (OGP) yang sebelumnya dijabat oleh pemerintah Inggris. OGP merupakan inisiatif global yang digulirkan pada bulan September 2011, dimulai oleh 8 Negara sebagai negara perintis, termasuk Indonesia, dan saat ini telah diikuti oleh 63 negara. Terpilihnya Indonesia sebagai Ketua Utama OGP merupakan bentuk kepercayaan besar dari dunia internasional kepada Indonesia untuk memimpin sebuah gerakan global dalam membangun demokrasi yang bertanggungjawab.

Newsletter ini juga memuat berbagai dokumentasi aktivitas OGI seperti penyelenggaraan e-Transparency Award, Kontes Inovasi Solusi 2014, dan masuknya inisiatif LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat!) sebagai salah satu inisiatif yang mencerahkan dunia (OGP Bright Spot) yang diperkenalkan saat penyelenggarakan OGP Summit 2013 yang dihadiri 63 negara.

Newsletter OGI Edisi Februari 2014 bisa diunduh di sini

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————–

Newsletter OGI Edisi September 2013

Dalam Newsletter OGI kali ini kami mengangkat topik utama “Model Open Government Partnership: Merangkul Kaum Muda Indonesia dalam Era Keterbukaan”. MOGP merupakan replikasi dari gerakan Open Government Partnership (OGP), sebuah gerakan yang bertujuan untuk membangun komitmen negara-negara anggotanya agar lebih transparan, lebih akuntabel dan mendorong untuk meningkatkan kualitas layanan publik bagi masyarakatnya. Saat ini OGP memiliki 60 negara anggota dimana Indonesia dan Inggris menjadi ketua bersama untuk periode 2012-2013.

MOGP mendapat sambutan luas dikalangan anak muda, saat ini lebih dari 200 mahasiswa telah mendaftar, dari jumlah tersebut Juri MOGP menyeleksi 40 orang kandidat untuk menghadiri pertemuan di Jakarta. Yang menarik dari kegiatan ini adalah bahwa MOGP merupakan inisiatif baru dan pertama kali di dunia.

Newsletter OGI edisi September 2013 bisa diunduh di sini

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————–

Newsletter OGI Edisi Mei 2013

Dalam newsletter OGI kali ini kami mengangkat topik utama mengenai keberhasilan Indonesia di kancah global dalam meraih nilai sempurna dalam kriteria kelayakan keanggotaan Open Government Partnership (OGP). OGP merupakan inisiatif global yang digulirkan pada bulan September 2011, dimulai oleh 8 negara sebagai founding members, termasuk Indonesia, dan saat ini telah diikuti oleh 59 negara. Penilaian kelayakan keanggotaan dilakukan berdasarkan data-data selama tahun 2012 oleh sekretariat OGP. Dari 16 poin maksimal kriteria kelayakan, Indonesia mendapat nilai 16 atau sempurna. Capaian tersebut perlu terus dipertahankan, dan merupakan langkah awal yang baik menuju keketuaan utama Indonesia dalam OGP di bulan Oktober 2013 ini.

Newsletter OGI Edisi Mei 2013 bisa diunduh di sini

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————–

Newsletter OGI Edisi Februari 2013

Dalam Edisi kali ini kami mengangkat topik utama yang merupakan sebuah berita gembira bagi bangsa Indonesia, yaitu peningkatan Open Budget Index (OBI) dari 51 ditahun 2010 menjadi 62 pada 2012. Peningkatan OBI tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat pertama di Asia Tenggara, peringkat ke 3 di Asia (Setelah Korea Selatan dan India), dan dalam kelompok keterbukaan anggaran yang sama (Significant Information) dengan negara-negara demokrasi yang sudah mapan seperti Amerika Serikat. Survey transparansi anggaran ini dilakukan oleh Open Budget Partnership (OBP) sebuah lembaga internasional independen yang secara berkala melakukan survey keterbukaan anggaran. di 100 negara.

Newsletter OGI edisi Februari 2013 bisa diunduh di sini

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————-

Newsletter Kompetisi Open Government Indonesia

Dalam edisi kali ini kami mengangkat topik utama tentang kompetisi Open Government (OG), yang merupakan sebuah inisiatif yang digagas oleh UKP-PPP. Kompetisi ini dimaksudkan untuk mendorong perbaikan layanan publik dalam institusi-institusi pemerintahan. Setelah melewati tiga bulan masa penilaian, berbagai terobosan penting dalam perbaikan layanan publik telah dihasilkan. Terobosan-terobosan inovatif tersebut bisa di baca di Newsletter edisi Kompetisi Open Government Indonesia yang bisa diunduh gratis pada tautan di bawah.

Newsletter Kompetisi Open Government Indonesia bisa diunduh di sini 

Komentar

Newsletter