Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Monitoring dan Evaluasi PPID Kota Bandung Tahun 2016

  • Kamis, 06/10/2016
  • 0
  • 367

Monitoring dan Evaluasi PPID Kota Bandung

Bandung.go.id - Dalam rangka melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi tentang Keterbukaan Informasi Publik pada pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat ,Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Bandung yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto dan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A Brilyana beserta tim, bertempat di Bandung Command Center (BCC) Balai Kota Bandung, Selasa (4/10/2016).

Dalam sambutannya, Yossi menyampaikan bahwa Sebagai bagian informasi pelayana publik media secara resmi bisa dilihat oleh masyarakat,

“Kita harus mengubah pola pikir dengan meningkatkan pelayanan dalam memberikan informasi sehingga dapat memuaskan bagi yang meminta informasi,” tuturnya

Yossi menambahkan, dari era keterbukaan ini, masyarakat bisa melihat apa yang dilakukan pemerintah kota selama ini,

“Masyarakat tidak perlu bertanya kerja dinas itu apa saja, masyarakat tinggal melihat media yang dimilki setiap dinasnya. Disitu kita bisa melihat dan memonitoring hasil kinerja selama ini,” jelasnya,

Ditambahkan olehnya, mengenai open data/government itu sudah di prakasai beberapa tahun ke belakang,

“Hasilnya dapat rasakan seperti nilai SAKIP kita memuaskan, keterbukaan lebih baik, dan Bandung sebagai Smart City semakin maju di kabupaten dan kota khsusunya di Indonesia. Dengan kemajuan Smart City banyak kabupaten dan kota bekerjasama dengan beberapa aplikasi yang kita miliki” jelasnya.

Berkaitan dengan PPID betul-betul memberikan ruang besar kepada masyarakat, yaitu memberikan pelayanan baik,

“Dengan adanya PPID, keluhan masyarakat bisa di respon dengan cepat, sehingga apa yang menjadi kendala dan masalah dalam pelayanan ataupun infrastruktur bisa di perbaiki dengan cepat,”pungkasnya.

Mewakili komisioner Tim Evaluasi Monitoring, Sonia Vivianne Ari sebagai Asisiten Komisioner, menyampaikan, “Bahwa kedatangannya kami disini, dalam rangka monitoring dan evaluasi PPID 2016 pada Pemerintah Kota Bandung,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan monitoring dan evaluasi sebelumnya telah dilakukan melalui pengisian kuesioner penilaian diri. Sedangkan kunjungan lapangan yang dilakukan saat ini, untuk melakukan verifikasi hasil pengisian kuesioner dan wawancara serta memberikan kesempatan kepada pemkot untuk mengemukakan sanggahannya.

Setelah Tim Monev memperkenalkan diri dan menyampaikan pengantar, lanjut ekspose ke ruangan PPID Kota Bandung, di tempat tersebut tim Monev dan pegawai PPID bercakap santai mengenai kinerja yang dilakukan selama ini.


Dari Bandung.go.id

Komentar

Newsletter