Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Membangun Transparansi Anggaran di Asia Tenggara

  • Kamis, 08/03/2013
  • 0
  • 168



Pada tanggal 26 dan 27 februari 2013 lalu perwakilan negara-negara Asean, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Akademisi bersama-sama berkumpul di Hotel Arya Duta Jakarta untuk mendiskusikan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam membangun transparansi anggaran.

Diskusi bertema “Membangun Keterbukaan Fiskal dan Peluncuran Hasil Open Budget Indeks untuk Kawasan ASEAN” ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam hal keterbukaan fiskal dan partisipasi masyarakat baik oleh pejabat pemerintah maupun OMS seluruh ASEAN. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 90 peserta dari 10 negara ASEAN, Korea Selatan, dan perwakilan dari Bank Dunia, Ford Foundation, dan World Wide Web Foundation.

Ini adalah pertama kalinya di Asia tenggara diadakan sebuah kegiatan dimana perwakilan pemerintah dan OMS bisa duduk bersama saling mendengarkan dan bertukar ide untuk membangun transparansi anggaran di negara masing-masing. Peserta kegiatanpun tampak antusias untuk saling berdiskusi secara konstruktif tentang bagaimana membangun keterbukaan anggaran di negara masing-masing. Kegiatan ini juga menunjukkan bagaimana pemerintah dan OMS bisa bekerja sama untuk kemajuan negara mereka.

Dalam diskusi ini, semua pembicara menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai keterbukaan anggaran yang lebih baik, bahwa komitmen pemerintah dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam mencapai transparansi anggaran. Hasan Kleib, Direktur Jenderal Multilateral Departemen Luar Negeri Indonesia menekankan pentingnya transparansi anggaran untuk memerangi korupsi dan merupakan tulang punggung demokrasi “Transparansi anggaran efektif dalam mencegah korupsi dan memungkinkan partisipasi warga didalamnya”, tegas Kleib. (AA-OpenGov)

Komentar

Newsletter