Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Mari Berpartisipasi dalam Konsultasi Publik Rencana Aksi OGI 2013

  • Kamis, 25/02/2013
  • 0
  • 484

logo ogi

Gerakan Open Government Indonesia (OGI) telah melewati tahun kedua sejak di-launching oleh Wakil Presiden pada 24 Januari 2012. Dengan berakhirnya tahun 2012, maka dianggap perlu untuk dilakukan perumusan rencana aksi OGI untuk tahun 2013. Perumusan rencana aksi OGI dimaksud wajib memegang teguh 3 unsur pokok OGI yaitu Transparansi, Partisipasi Publik dan Inovatif. Mempertimbangkan hal diatas, perumusan rencana aksi OGI harus melibatkan multi-stakeholder guna menjamin kemanfaatan yang akan diperoleh, potensi keterlibatan contributor serta pelaksanaan monitoring atas rencana aksi yang terpilih semakin efektif.

Sebagaimana proses perumusan yang dijalankan pada saat perumusan renaksi OGI tahun 2012, untuk tahun 2013 ini perumusan dilakukan melalui proses Konsultasi Publik yang melibatkan multi-stakeholder meliputi : LSM, Universitas, perusahaan swasta, dan BUMN. Bahkan untuk memperkaya pelaksanaan konsultasi public, kami berinisiatif untuk melibatkan public secara umum melalui metode yang efisien namun menghasilkan output optimal.

Kegiatan konsultasi public yang melibatkan multi-stakeholder meliputi : LSM, Universitas, perusahaan swasta, dan BUMN telah terlaksana pada minggu II Februari 2013. Untuk memperkaya dan mempertajam kualitas rencana aksi OGI tahun 2013, mulai hari ini sengaja kami mempublikasikan draft rencana OGI Tahun 2013 hasil pembahasan dengan multi-stakeholder diatas untuk mendapatkan masukan dari mayarakat umum.

Draft rencana aksi yang kami mintakan masukan akan memperkaya sekaligus melengkapi rencana aksi Open Government lainnya yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2013 tanggal 25 Januari 2013 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan tahun 2013. Adapun ringkasan rencana aksi OGI yang sudah ditetapkan sebagai Inpres No.1/2013 sebagai berikut :



Untuk melengkapi rencana aksi OGI sebagaimana telah tertuang dalam Inpres 1/2013 diatas, maka kami mengharapkan bantuan masyarakat semua untuk dapat memberikan masukan atas rencana aksi OGI sebagaimana terlampir. Masukan Saudara sekalian dapat disampaikan melalui alamat email berikut network@opengovindonesia.org selambat-lambatnya 3 Maret 2013.

Rencana aksi Open Government direncanakan segera dilakukan finalisasi dengan Badan Publik Pemerintah (Pusat dan Daerah) agar dapat diimplementasikan.

Draft Rencana Aksi OGI 2013 dapat di unduhdisini

Komentar

Newsletter