Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Mahasiswa Antusias Menyambut Roadshow MOGP

  • Kamis, 10/09/2013
  • 0
  • 307

mogp



Pada tanggal 30 Agustus hingga 3 september 2013 lalu tim Open Government Indonesia (OGI) melakukan roadshow ke berbagai kampus di Indonesia untuk memperkenalkan Model Open Government Partnership (MOGP) di kalangan mahasiswa. Roadshow ini dilakukan di 6 kampus sekaligus, yaitu ITB, Unpar, Unair, UPH, UNHAS dan UI. Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari mahasiswa, hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa saat roadshow.

MOGP sendiri merupakan replikasi dari gerakan Open Government Partnership (OGP), sebuah gerakan yang bertujuan untuk membangun komitmen negara-negara anggotanya agar lebih transparan dan mendorong untuk meningkatkan kualitas layanan publik bagi masyarakatnya. Saat ini OGP memiliki 60 negara anggota dimana Indonesia dan Inggris menjadi ketuanya.

Menurut Kevin, roadshow MOGP ini istimewa karena merupakan ajang dialog keterbukaan dengan mahasiswa. “Roadshow ini dilakukan untuk memperkenalkan MOGP kepada mahasiswa, karena MOGP sendiri merupakan inisiatif baru dan pertama kali di dunia” kata Kevin, salah satu panitia penyelenggara dari sekretariat OGI. Lebih lanjut Kevin menjelaskan bahwa dalam roadshow ke berbagai kampus ini juga dijadikan ajang untuk membangun semangat transparansi dikalangan anak muda “Dalam roadshow juga ada dialog tentang prinsip-prinsip open government” lanjut Kevin.

Menurut Tara Hidayat, motor gerakan OGI dari Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan inisiatif dan prinsip-prinsip pemerintah terbuka secara umum kepada generasi muda. “Ini adalah bagian misi kami untuk mendorong pemuda memahami pentingnya terlibat dalam membangun pemerintahan yang lebih terbuka, karena mereka akan menjadi generasi berikutnya yang akan mengambil alih pemerintahan dimasa depan” Jelas Tara. (OpenGov)

Komentar

Newsletter