Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Laporan Implementasi Gerakan Open Government Indonesia 2013 : Masa Penerimaan Masukan Publik

  • Kamis, 04/08/2014
  • 0
  • 174



Pada bulan Juli ini Sekretariat Open Government merilis Laporan Implementasi Gerakan Open Government Indonesia 2013. Tahun ini terdapat 21 rencana aksi (renaksi) yang dibentuk sebagai komitmen Indonesia kepada Open Government Partnership (OGP). Adapun Renaksi OGI 2013 tersebar di 3 peraturan yaitu Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2013 (4 renaksi), Renaksi OGI 2013 (15 renaksi) dan Rencana Aksi Kemudahan Berusaha di Indonesia (2 renaksi). Pelajaran dari tahun 2013 diharapkan menjadi arahan bagi penyempurnaan komitmen OGI di tahun berikutnya. OGI 2014 sepantasnya dapat terus mendukung inisiatif pemerintah dalam memperkenalkan prinsip open government ke publik.

Implementasi OGI tahun 2013 tidak dapat berjalan tanpa adanya kolaborasi antara pemerintah dan juga masyarakat. Selaras dengan fungsi OGI untuk terus transparan dan partisipatif dalam setiap proses, masyarakat diundang untuk memberikan masukan atas laporan ini. Masukan dapat dikirimkan melalui surat elektronik ke karina.kusumawardani@ukp.go.id. Periode pemberian masukan dibuka sejak tanggal publikasi hingga 15 Agustus 2014. Partisipasi masyarakat akan sangat berarti bagi pengawasan atas pemerintah, peningkatan kualitas pelayanan pemerintah serta salah satu bukti kolaborasi dengan pemerintah.

Sementara ini, Laporan lengkap pelaksanaan Open Government Indonesia tahun 2013 tersedia dalam Bahasa Indonesia dan dapat diunduh melalui tautan berikut:

Laporan Implementasi OGI 2013

Komentar

Newsletter