Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kota Mojokerto Berkomitmen Wujudkan Satu Data

  • Kamis, 23/01/2017
  • 0
  • 153

Mojokerto, 17 Januari 2017 –Sekretariat Nasional Open Government Indonesia (Seknas OGI) berkesempatan mengunjungi Kota Mojokerto dan melakukan audiensi dengan dengan Walikota Mojokerto, Bpk. H. Mas’ud Yunus. Audiensi tersebut merupakan langkah awal di dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah terbuka dengan beberapa inisiatif pendampingnya antara lain kebijakan Satu Data Indonesia.

Secara spesifik Pemerintah Kota Mojokerto yang menerima penghargaan Kota Pintar dari Indeks Kota Pintar Kompas 2015 memang sudah sejak beberapa tahun terakhir memiliki visi untuk mendigitalisasi tata kelola penyelenggaraan pemerintah. Beberapa langkah awal sudah ditempuh seperti pemanfaatan teknologi informasi untuk pelayanan publik yang menyederhanakan akses masyarakat terhadap pelayanan publik.

Beberapa contoh lainnya juga menjadi perhatian dari tim Seknas OGI yang berkunjung ke Mojokerto. Di antaranya forum pertemuan di antara pemerintah kota dengan perwakilan masyarakat setiap hari Selasa dan Kamis untuk memberikan masukan dan pendapatnya kepada pemerintah. Contoh lain di sektor perdagangan misalnya, situs internet Pemkot Mojokerto saat ini juga sudah menampilkan informasi harga bahan pokok yang secara rutin diperbaharui. Kemudian di bidang pendidikan, di mana setiap sekolah diwajibkan untuk menampilkan anggaran sekolah di majalah dindingnya.

Dengan berbagai inovasi pelayanan publik yang sudah dilakukan itu, Pemkot Mojokerto sudah mulai memetik buah-buah keberhasilan mereka. Salah satunya adalah menurunnya tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, hingga peningkatan angka partisipasi murni sekolah. Berangkat dari keberhasilan-keberhasilan tersebut, Pemkot Mojokerto bertekad untuk semakin mengakselerasi dan memperluas tren positif itu ke sektor-sektor lainnya. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kapasitasnya di dalam memberikan pelayanan publik dan kebijakan publik yang berkualitas melalui penyelenggaraan tata kelola data yang lebih baik.

Mengawali komitmen Pemkot Mojokerto terhadap inisiatif Satu Data, dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama oleh Walikota Mojokerto dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. Rencananya lima OPD akan menjadi percontohan awal di dalam implementasi Satu Data di Kota Mojokerto. Kelima OPD tersebut adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Badan Perencanaan Pembangunan Kota (BAPPEKO).

Dalam pemaparannya di sela-sela kegiatan tersebut, Walikota H. Mas’ud Yunus menyatakan harapannya untuk setiap OPD agar dapat secara pro-aktif memperbarui datanya kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang aktual dan akurat dari pemerintah. Selain itu Walikota H. Mas’ud juga menyampaikan harapannya agar Mojokerto juga bisa mengembangkan dan mengadopsi konsep keterbukaan pemerintah ini untuk mempercepat akses publik dan mempermudah koordinasi lintas sektor di dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas. (LO)

###

Komentar

Newsletter