Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kota Ambon Telah Memulai Open Budget

  • Kamis, 08/01/2013
  • 0
  • 140

ambon


Pemerintah Kota Ambon mengunggah berbagai laporan keuangan di situs Pemkot. Sebuah langkah menuju Open Budget yang perlu kita dukung.

Tahun 2013 menjadi titik awal upaya perbaikan tata kelola pemerintah, terutama dalam transparansi pengelolaan keuangan. Hal ini dapat dilihat setidaknya dari diunggahnya berbagai dokumen keuangan daerah. Data yang telah diunggah antara lain: Ringkasan APBD 2012, Ringkasan Perubahan APBD 2012 serta berbagai dokumen keuangan 2011. Lebih dari itu, dokumen yang diunggah bukan hanya dokumen lama tetapi juga dokumen Ringkasan APBD 2013.

Diunggahnya berbagai dokumen tersebut adalah langkah maju dari Pemkot yang memang telah bersepakat untuk semakin transparan melalui gerakan Open Government Indonesia (OGI). Kota Ambon, bersama dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Indragiri Hulu, merupakan daerah percontohan pelaksanaan OGI di daerah. Gerakan ini telah digulirkan di Ambon sejak Desember 2012. Selain upaya untuk lebih transparan dalam pengelolaan keuangan daerah (Open Budget), Pemkot Ambon juga melakukan aktivasi pengelolaan informasi dan dokumentasi serta menggulirkan program Open School, yakni upaya untuk membuka data pengelolaan dana BOS di sekolah.

Tentu saja pemuatan transparansi keuangan di Ambon patut kita acungi jempol. Selain apresiasi, hal lain yang perlu kita lakukan adalah terus memberi masukan agar apa yang sudah dicapai dapat ditingkatkan.

Selain melalui situs, transparansi keuangan juga dapat dilakukan dengan berbagai media offline. Hal ini menjadi penting karena belum semua masyarakat Ambon familier dengan internet.

Cara yang terbilang sederhana yakni dengan menempel poster yang berisi transparansi pengelolaan keuangan. Poster dapat ditempel di rumah ibadah, pasar dan lokasi ramai lainnya.

Cara lain misalnya dengan menampilkan transparansi keuangan ini di big screen yang ada di Taman Patimura, persis di depan Kantor Walikota Ambon.

Berbagai cara untuk menyampaikan transparansi keuangan harus dilakukan karena tujuan utamanya adalah pertanggungjawaban keuangan daerah. Selain itu, transparansi keuangan juga dimaksudkan untuk menggaet partisipasi masyarakat agar dapat melihat penggunaan anggaran dan memberi masukan pada pegelolaannya. (AR-OpenGov)

Komentar

Newsletter