Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kontes Inovasi Solusi 2014: “SOLUSIMU, Ayo Berinovasi!”

  • Kamis, 13/01/2014
  • 0
  • 280

kontes solusimu 2014


Pada 17 Oktober 2013, Sekretariat Open Government Indonesia (OGI) mewakili Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) membuka resmi “Kontes Inovasi Solusi 2014”. Ajang itu kini telah sampai di fase pengujungnya, yaitu penjurian akhir karya inovasi sekaligus penganugerahan pemenang.

“Ini adalah bentuk apresiasi terhadap dorongan keterbukaan yang semakin positif antara pemerintah dan rakyatnya,” ungkap Deputi IV Kepala UKP4, Tara Hidayat.

Bertemakan “SOLUSIMU, Ayo Berinovasi!”, kontes tersebut turut berkontribusi mendorong transparansi informasi dan mengajak publik untuk lebih aktif berpartisipasi menyumbangkan solusi bagi pemerintahan yang lebih baik. Hal itu ditunjukkan dengan masuknya lebih dari 3.000 karya, mulai dari masyarakat sipil hingga pegawai negeri sipil se-Indonesia.

Sosialisasi langsung ke 10 kota di Indonesia dilakukan melalui temu-sapa dengan komunitas lokal, perguruan tinggi, hingga kantor-kantor pelayanan dan elemen pemerintahan setempat. Upaya tersebut  terbukti efektif. Buktinya, selain secara geografis peserta dan karya solusinya cukup beragam, tingkat partisipasinya melalui jejaring sosial pun tumbuh sekitar 25 persen.

Tara menjelaskan bahwa, yang menakjubkan, 9 dari 10 finalis berasal dari kota yang berbeda dan karyanya ditujukan untuk 8 kementerian/lembaga bahkan badan legislatif. “Melalui karyanya,” imbuhnya, “mereka diberi keleluasaan untuk turut-serta menyumbangkan ide dan solusi taktis bagi pemerintah, riil, bukan lagi mengeluh dan mencaci.”

Serangkaian penjurian, baik pada kontes karya inovasi maupun infografis, dilakukan oleh para pakar dari beragam sektor secara terbuka melalui media online. Sebagian besar dari seluruh 24 juri mengaku tidak mudah memberikan penilaian dalam ketiga tahap penjurian. “Hal ini,” menurut salah seorang juri, Tri Mumpuni, “bukan saja karena jumlahnya yang melimpah, melainkan juga karena bobot inovasi serta tantangan apakah karya tersebut cukup applicable atau tidak.”

Acara puncak hari ini (9/1) mencakup tiga agenda utama, yaitu penjurian final kontes karya inovasi, pameran karya solusi, dan penganugerahan pemenang. Pameran karya solusi bukan hanya berhenti sebagai ajang apresiasi belaka, namun diharapkan juga dapat menginspirasi publik untuk mengambil peran dalam mendorong pemerintahan agar menjadi lebih baik.

“Ini adalah solusi terobosan dari anak bangsa, sekaligus menjadi bukti bagi keseriusan komitmen Indonesia sebagai Ketua Utama dalam Open Government Partnership 2013-2014,” tandas Tara seraya menambahkan bahwa masih banyak solusi cerdas yang sayang sekali jika tak dipertimbangkan kementerian/lembaga. Kesemuanya itu dapat ditengok dan diunduh di www.solusimu.org.

Komentar

Newsletter