Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kontes Inovasi Solusi 2013 “SOLUSIMU, Ayo Berinovasi!”

  • Kamis, 24/10/2013
  • 0
  • 299

Solusimu


Kita berkarya setiap hari, termasuk komentar yang hanya sekedar keluhan diikuti dengan ide untuk solusi perbaikan. Tergerak oleh semangat partisipasi publik dari suksesnya menjaring partisipasi generasi muda melalui program Model Open Government Partnership (MOGP) awal Oktober ini, Sekretariat Open Government Indonesia mewakili Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) menyelenggarakan pertemuan pembukaan (kick-off) Kontes Inovasi Solusi 2013 bertema “SOLUSIMU, Ayo Berinovasi!.” Kontes ini telah direncanakan sejak bulan September lalu dan akan diakhiri dengan malam penganugerahan di bulan Desember 2013, akan bertolak untuk mendorong transparansi informasi dan meningkatkan partisipasi aktif publik dalam memberikan solusi untuk pemerintah yang lebih baik, tidak terbatas pada generasi muda saja. Disini, siapapun boleh berkarya dan karya terbaik akan dijalankan oleh Kementerian/Lembaga terkait.


Saat ini, semakin banyak pengaduan masyarakat terhadap kualitas layanan publik, juga efisiensi birokrasi, maupun efektivitas pencegahan korupsi. Banyaknya keluhan masyarakat tersebut menjadi cermin besar, bahwa perjalanan masih panjang di dalam menciptakan pemerintah yang lebih baik sesuai harapan publik. “Kita harus mendengarkan masyarakat, ide-ide dan masukan dari masyarakat sangat penting untuk melakukan perbaikan…” begitu yang pernah disampaikan Pak Kuntoro, kepala UKP-PPP. Hal ini menjelaskan latar belakang diprakarsainya kontes ini.


Kontes “SOLUSIMU, Ayo Berinovasi!” membuka kesempatan bagi publik untuk berkarya dengen memberikan solusi yang inovatif dalam bentuk ide—mulai dari strategi hingga implementasinya—dan infografis penyajian data/informasi publik untuk komunikasi yang efektif kepada publik. Setiap individu maupun kelompok—tidak dibatasi jumlah anggotanya—dapat mengirimkan karyanya mulai 17 Oktober hingga 6 Desember 2013 baik melalui www.solusimu.org ataupun fomulir cetak yang disediakan.


Kini waktunya publik bersolusi lebih lantang dan pemerintah bersiap mendengar juga menjalankannya. Harapannya, publik tidak hanya berhenti untuk mengeluh tapi juga bersolusi, dan pemerintah berkomitmen untuk menjalankannya sesuai dengan kewajibannya melayani.


Dalam rangka menjaring karya inovasi solusi yang sebanyak-banyaknya dari seluruh Indonesia, kegiatan sosialisasi 10 kota di Indonesia akan dijalankan mulai 20 Oktober hingga 16 November 2013. Komite pelaksana juga bekerjasama dengan berbagai kelompok komunitas di berbagai kota di Indonesia untuk menarik partisipasi yang lebih luas dari berbagai lapisan masyarakat. Pemenang dari kontes ini akan mendapatkan apresiasi berupa tiket perjalanan wisata yang menarik sekaligus mendorong pariwisata lokal dan yang lebih penting adalah keterlibatan nyatanya dalam menjalankan karya solusinya yang inovatif bersama kementerian/lembaga pemerintah terkait.

Komentar

Newsletter