Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kompetisi Mading Kalteng: Mendorong Kepedulian Publik Terhadap Pengelolaan Dana BOS

  • Kamis, 06/05/2013
  • 0
  • 261



Kompetisi Majalah Dinding (mading) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Open Government Indonesia (OGI) mendapat sambutan antusias dari masyarakat akademis Kalteng. Kompetisi Mading yang bertema ”Transparansi BOS di Sekolahku” ini diikuti oleh 32 sekolah tingkat SMP dan SMA. Menurut Karina Kusumawardani selaku koordinator utama Kompetisi Mading, kompetisi ini bertujuan mendorong partisipasi publik untuk peduli dan tanggap terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah “Kompetisi ini adalah bagian dari upaya untuk menggelorakan semangat Open Government di daerah, kita harapkan masyarakat bisa lebih perduli terhadap dana BOS” jelas Karina.

Lebih lanjut Karina menjelaskan, bahwa kompetisi Mading yang memperebutkan piala Gubernur ini telah memasuki babak seleksi calon-calon finalis kompetisi. Pengumuman finalis akan disampaikan pada periode pertengahan mei 2013. Selama masa seleksi, muncul berbagai peristiwa menarik, peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP/SMA di Kalimantan Tengah diharuskan untuk mewawancarai Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, Guru, dan Orang Tua siswa terkait transparansi dan pengetahuan masing-masing pihak mengenai penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Hal ini ternyata menjadi sebuah tantangan yang menarik bagi para siswa yang pada awalnya minim bahkan tidak mengetahui seluk beluk dana BOS” ujar karina. “Diharapkan setelah melalui berbagai proses dalam kompetisi, terjadi peningkatan kesadaran siswa dan masyarakat tentang pentingnya pengawasan dan transparansi pengelolaan dana BOS” lanjut Karina. Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengamini pernyataan Karina. “Kami, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, sangat mendukung program ini selain karena sebagai bentuk nyata dari Open School Pilot Project OGI juga sebagai usaha agar semua pihak dapat berpartisipasi mengawasi penggunaan dana BOS” ujar Guntur.


Tim Jasin dari SMAN 2 Palangkaraya mewawancara perwakilan guru mengenai BOS terkait Kompetisi Mading Open School

Menurut data yang dihimpun oleh redaksi, pemerintah pusat melalui Departemen Keuangan memang telah menggelontorkan dana BOS yang jumlahnya mencapai 245 miliar untuk Kalimantan Tengah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 246 PMK07 Tahun 2012. Dengan masyarakat yang lebih perduli, diharapkan penggunaan dana BOS sebesar itu bisa lebih transparan. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang siswi dari MAN Model Palangkaraya, Marhamah, “Semoga dengan adanya kompetisi mading ini bisa membuat dana bos lebih transparan terhadap publik” kata marhamah, dalam akun twitternya @HMLforever. (OpenGov)


Komentar

Newsletter