Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kisah LAPOR!: Pelaporan Tanpa Batas Wilayah

  • Kamis, 22/04/2014
  • 0
  • 239

lapor!



“Saya dari pihak keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim LAPOR!, Kementerian Luar Negeri, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah banyak membantu sehingga kasus kapal nelayan KMN Hidup Bahagia V telah selesai dan dinyatakan bebas oleh pihak Pemerintah Australia dan dipulangkan ke Indonesia.”

Kutipan diatas merupakan ucapan terima kasih dari salah satu pengguna Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang telah melaporkan pengaduannya melalui situs http://lapor.ukp.go.id. Pelapor mengadukan penangkapan kapal nelayan Indonesia oleh otoritas asing yang dinilai melanggar batas perairan sementara Indonesia-Australia pada hari Jumat, 27 September 2013 sekitar pukul 19.00-20.00 waktu setempat.

Laporan tersebut diteruskan secara elektronik melalui sistem LAPOR! kepada Kementerian Luar Negeri dan disalinkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk ditindaklanjuti secara kolaboratif. Kedua institusi segera menindaklanjuti dengan mengupayakan bantuan kekonsuleran dan koordinasi dengan otoritas setempat. Dalam tempo kurang dari satu bulan, tepatnya pada tanggal 19 Oktober 2013, kapal nelayan beserta awaknya dibebaskan oleh pihak Australian Fisheries Authority (AFA), dilanjutkan pula dengan pembebasan 10 orang ABK WNI lainnya yang kebetulan juga tertahan karena kasus serupa. Selengkapnya terkait laporan ini dapat diakses di sini.

LAPOR! memungkinkan masyarakat dengan mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan dari berbagai daerah di Indonesia hingga perbatasan melalui berbagai kanal (http://lapor.ukp.go.id, SMS1708, aplikasi mobile) untuk dituntaskan secara terpadu oleh 72 institusi pemerintah yang telah terhubung. Saat ini LAPOR! menerima lebih dari 1.000 laporan per harinya dari 240.000 pengguna yang tersebar di 34 provinsi. Sejumlah 85% laporan sudah tuntas maupun sedang ditindaklanjuti.  Img source:portalkbr.com (OpenGov)

Komentar

Newsletter