Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Kick Off Pilot Project Kalteng: Ini untuk Merah Putih

  • Kamis, 27/11/2012
  • 0
  • 167

Kalimantan tengah



Tanggal 27 november 2012 adalah salah satu momen penting bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Gubernur Kalteng Teras Narang bersama tim Open Government Indonesia melakukan Kick Off pilot project OGI. Sebuah harapan untuk membangun pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. “Ini untuk merah-putih” tegas Teras Narang.

Gubernur kalteng Teras Narang menyambut antusias kick off pilot project Open Government Indonesia, menurut orang nomor satu di kalteng ini pihak pemerintah daerah sudah siap dan menunggu momen ini “kami sudah siapkan semua” tegasnya.

Setelah kick off, maka pilot project akan dilaksanakan selama 6 bulan untuk kemudian dievaluasi. Diharapkan selama 6 bulan kedepan didapat banyak kemajuan dan masukan yang bisa diambil “saya inginnya setelah 6 bulan kita bisa memberikan berbagai masukan kepada pemerintah pusat tentang berbagai kelebihan dan kekurangan pelaksananaan pilot project ini” tutur Teras Narang, saat kick off.

Sementara itu menurut Deputy UKP4 Tara Hidayat, gerakan Open Government ini adalah sebuah gerakan multi stake holder yang dimiliki oleh berbagai pihak,  mulai pemerintah, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), masyarakat dan akademisi. Oleh karena itu pilot project di kalteng ini juga melibatkan berbagai OMS seperti TII, ICEL, FITRA dan PATTIRO. Gubernur Kalteng sendiri menyambut baik pelibatan OMS dalam pilot project “Kalau memang ada OMS yang mempunyai tujuan yang sama dengan kita kenapa tidak kita ajak?” tegasnya.

Di provinsi Kalimantan Tengah, pilot project akan fokus pada lima hal, yaitu Open Budget, Open School, e-office, PPID dan Peremajaan Situs. Untuk menyamakan visi dan persepsi tentang ke lima hal tersebut setelah kick off dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas pelaksanaan pilot project dengan lebih tuntas dan jelas. (OpenGov)

Komentar

Newsletter