Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Inisiasi Open Government Melalui Tiga Proyek Percontohan

  • Kamis, 03/08/2012
  • 0
  • 211

Inisiasi Open Government Melalui Tiga Proyek Percontohan



Inisiasi rencana aksi Open Government (OG) di Indonesia sudah berjalan. Sejak digulirkannya Open Government Partnership, di mana Indonesia menjadi salah satu pendiri, berbagai rencana aksi telah dijalankan. Rencana aksi tersebut terwujud melalui tiga trek, yaitu trek satu melalui penguatan dan percepatan program yang sedang berjalan. Trek dua diwujudkan melalui pengembangan keterbukaan informasi dan trek tiga dengan mewujudkan proyek daerah percontohan dan prakarsa baru.

Trek satu dijalankan dengan mempercepat implementasi undang-undang, menjalankan keterbukaan informasi publik serta pemberlakuan Instruksi Presiden (Inpres). Trek kedua menjalankan inisiasi keterbukaan dan inovasi melalui media daring: Portal Satu Layanan, Portal Transparansi Badan Publik dan Portal Peta-tunggal. Sementara trek ketiga dijalankan melalui pelaksanaan OGI di tiga daerah percontohan serta prakarsa/inisiatif baru OGI.

Proyek daerah percontohan dilakukan di tiga daerah yang dipilih melalui seleksi oleh Tim Inti OGI (lima Kementrian/Lembaga serta empat Organisasi Masyarakat Sipil). Ketiga daerah yang dipilih yaitu Kalimantan Tengah (level provinsi), Indragiri Hulu (level kabupaten) dan Kota Ambon (level kota). Kriteria utama untuk seleksi adalah wilayah diluar Pulau Jawa, Kepemimpinan (kualitatif), dan Prestasi (kuantitatif). (OpenGov)

Komentar

Newsletter