Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Inisiasi Open Government di Propinsi Kalimantan Tengah

  • Kamis, 13/08/2012
  • 0
  • 126

Inisiasi Open Government di Propinsi Kalimantan Tengah



Kalimantan Tengah dipilih karena telah memiliki Komisi Informasi Daerah Propinsi serta berbagai prestasi dalam bidang tata kelola pemerintahan. Prestasi itu antara lain adalah peringkat pertama Indeks Demokrasi Indonesia pada 2009, menjadi nominasi peraih  Innovative Government Award 2011 dari Kementerian Dalam Negeri serta partisipasi aktif untuk program REDD+ yang juga menuntut transparansi dan partisipasi.

Perlu dicatat bahwa, meskipun dilakukan pemilihan, persetujuan untuk implementasi OG di daerah merupakan keputusan penuh Kepala Daerah dan bersifat kegiatan sukarela oleh pemerintah daerah. Karena itu, hal pertama yang dilakukan oleh tim OG adalah melakukan kunjungan dalam rangka menawarkan gagasan mengenai keterbukaan, partisipasi dan inovasi melalui OG kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Pertemuan dilakukan pada 12 Juni 2012 antara perwakilan Tim Inti OGI yakni Tara Hidayat, Deputi IV UKP-PPP dan Karina Kusumawardani, Asisten Kepala UKP-PPP dengan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang beserta tim. Pada pertemuan ini, Agustin Teras Narang menyambut baik implementasi OG di Kalimantan Tengah. Beberapa gagasan yang muncul dalam diskusi ini adalah implementasi  open budget, open school, e-planning, e-office serta peningkatan kualitas situs resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Tim OG juga langsung melakukan kunjungan ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  tertentu yang akan menjadi penggulir utama inisiasi implementasi OG untuk menggali lebih jauh kapabilitas dan menangkap inisiasi atau masukan yang langsung datang dari pelaksana teknis, antara lain Kepala Bappeda Kalimantan Tengah, Syahrin Daulay; Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Herson; Kepala Komisi Informasi Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Betang Satriadi; dan Dinas Perhubungan dan Komunikasi, Rusmawarni (Satuan Komunikasi dan Diseminasi Informasi).

Tindak lanjut dari pertemuan diatas adalah recana dibentuknya tim bersama serta Nota Kesepahaman antara tim OG dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Bentuk tim akan ditentukan kemudian.

Komentar

Newsletter