Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Frequently Asked Question tentang Kompetisi OGI

  • Kamis, 20/05/2012
  • 0
  • 205

Kompetisi OGI



Siapa yang Menyelenggarakan Kompetisi OG ini?

Yang menyelenggarakan Kompetisi OG ini adalah UKP-PPP (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan).

 

Siapa yang Menjadi Peserta Kompetisi OG ini?

Dalam Kompetisi OG 2012 ini telah terdaftar peserta dari 32 Kementerian/Lembaga (KL). Setiap KL bisa mengajukan 1-2 Unit Pelayanan Publik (UPP). Saat ini telah terdaftar 62 UPP yang mengikuti kompetisi.

 

Apa saja yang dinilai dalam Kompetisi OG ini?

Yang dinilai adalah progres Unit Layanan dalam menerapkan Open Government. Ada 3 dimensi utama Open Government, yaitu

1.   Transparansi

2.   Partisipasi

3.   Inovasi

Perlu diingat bahwa yang dinilai adalah besarnya perubahan (delta) atau perbaikan dari kualitas layanan selama 3 bulan masa kompetisi (April – Juli 2012).

 

Berapa pemenang yang akan diambil dalam Kompetisi OG ini?

Dari 62 peserta, akan dikerucutkan menjadi 20 peserta yang paling progresif. Pengerucutan ini dilakukan oleh Dewan Juri berdasarkan dua hal: laporan bulanan yang dikirimkan oleh peserta, dan update progres peserta di www.kompetisiog.com

Dari 20 peserta yang paling progresif ini, akan dikerucutkan lagi menjadi 10 pemenang. Pengerucutan ini dilakukan oleh Dewan Juri berdasarkan dua hal: presentasi Top 20 yang dilakukan oleh peserta di depan Dewan Juri, dan Kunjungan Juri ke Top 20.

Selain itu, akan ada pemenang favorit yang diambil berdasarkan voting masyarakat di website www.kompetisiog.com

 

Bagaimana penilaian dilakukan karena tidak semua layanan bisa diukur apple-to-apple?

Kami menyadari bahwa tidak semua ukuran kinerja Unit Layanan bisa dibandingkan dengan apple-to-apple, sehingga judgment dari Dewan Juri menjadi penting dalam proses penilaian. Contoh hal-hal yang akan dipertimbangkan untuk membantu judgment juri adalah:

1.   Kompleksitas Unit Layanan, yang berhubungan dengan lamanya waktu dan besarnya upaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan.

2.   Jenis pengguna layanan. Misalnya, penilaian untuk Unit Layanan yang langsung melayani masyarakat luas akan berbeda dengan Unit Layanan yang melayani badan-badan tertentu.

3.   Ritme kerja Unit Layanan. Sebagai contoh, penilaian untuk Beasiswa Bidik Misi, misalnya, hanya bisa dilakukan dalam rentang waktu setahun, karena penerimaan mahasiswa hanya dilakukan satu kali dalam setahun.

4.   Dan lain-lain.

 

Apakah persiapan infrastruktur (back-end) juga akan dinilai?

Yang akan dinilai adalah semua perbaikan dan perubahan yang terencana, termasuk back-end jika memang sebelumnya tidak ada atau masih kurang. Semua proses persiapan fasilitas/sarana/prasarana, prosedur dan mekanisme kerja layanan dapat dilampirkan untuk dinilai.

 

Bagaimana memastikan keberlanjutan perbaikan layanan setelah kompetisi ini berakhir?

Dalam kompetisi ini peserta akan diikutkan dalam berbagai kegiatan capacity building sehingga peserta bisa meneruskan proses perbaikan kualitas di Unit Layanan masing-masing.

Melalui kompetisi ini pula masyarakat, sebagai pengguna layanan, akan terus didorong untuk melaksanakan fungsi kontrol pada pemerintah.

 

Siapakah juri dalam kompetisi ini?

Kami memilih juri yang kredibel dan kompeten di bidangnya masing-masing.

1.   Danang Girindrawardana (Ketua Ombudsman)

2.   Erry Riyana Hardjapamekas (Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi)

3.   Yoris Sebastian (Pendiri Oh My Goodness Agency)

4.   Kemal Gani (Chief Editor Swa Magazine)

5.   Ermina Yuliarti (Managing Director Marketing Research Indonesia)

 

Apa saja rangkaian kegiatan yang akan dijalani peserta?

April

·    Kick Off dan Workshop

Mei

·    Workshop Transparansi, Partisipasi dan Inovasi. Dewan juri akan memberikan pemaparan bagaimana cara meningkatkan transparansi, partisipasi dan inovasi quick wins. Dalam acara ini juga website resmi Open Government Indonesia akan di-launching.

Juni

·    Kunjungan ke BKPM, yang dinilai KPK sebagai lembaga terbersih

Juli

·    Presentasi Top 20 di depan Dewan Juri

Agustus

·    Penganugerahan 10 Layanan Paling Progresif

Komentar

Newsletter