Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

Batam Menyiapkan Portal Layanan Informasi Publik

  • Kamis, 27/09/2012
  • 0
  • 295

Persiapan BP Batam untuk mewujudkan Informasi Pelayanan Publik secara terpadu terus dilakukan. Tim Penyiapan Informasi Pelayanan Publik BP Batam yang diketuai oleh Kepala Biro Sekretariat dan Protokol, Gani Lasya, telah melakukan rapat koordinasi dengan Tim Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang sekaligus mewakili Tim Open Government Indonesia (OGI) pada Rabu, (1/8/12).

Dalam rapat tersebut, tim website informasi pelayanan publik BP Batam mempresentasikan beberapa fitur dan aplikasi yang akan digunakan dalam website informasipelayanan.go.id.

Pada kesempatan ini Tim UKP4 dan OGI, Prayoga menyampaikan bahwa terdapat dua portal dalam pengoperasian OGI, di antaranya adalah portal (website) satu layanan yang akan menjadi acuan masyarakat dalam menemukan layanan pemerintah, seperti pelayanan pembayaran listrik atau air, pembuatan SIM dan sebagainya.

Portal layanan awalnya hanya ada beberapa layanan secara interaktif, namun dengan banyaknya instansi/lembaga yang turut berartisipasi dalam portal ini pada akhirnya layanan ini akan tercakup secara komprehensif.

Sedangkan portal satu pemerintah yang akan menyatukan data-data institusi pemerintah yang patut diketahui oleh publik tentang institusi pemerintah Indonesia.

Portal satu pemerintah pada awalnya difokuskan pada terkoleksinya berbagai data utama, seperti anggaran kementerian/lembaga, dengan format yang disesuaikan data yang tersedia.

Tahap selanjutnya, yaitu proses pengembangan standar tertentu untuk kemudahan masyarakat dalam memahami dan berinteraksi dengan pemerintah, dan tahap selanjutnya melakukan pemutakhiran data dengan fungsi-fungsi tambahan (seperti pengaduan, rekrutmen pegawai).

Saat ini BP Batam yang masih menyempurnakan portal informasi pelayanan publik dengan penyediaan informasi kejelasan biaya, waktu penyelesaian dan tempat pengurusan.

Nantinya website pelayanan publik BP Batam, jika telah siap akan disertakan dalam website portal satu layanan dengan menempatkan banner logo BP Batam, serta diharapkan pelayanan kepada publik akan lebih cepat dan mudah.

Komentar

Newsletter