Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

API Pemilu, Inisiatif PERLUDEM yang Diapresiasi Dunia Pada Open Government Awards 2016

  • Kamis, 08/12/2016
  • 0
  • 322

Titi Anggraini dari PERLUDEM menerima penghargaan Open Government Awards 2016

Paris, 7 Desember 2016 - Pernah membayangkan betapa rumitnya melakukan pengawasan terhadap jalannya pemilihan umum? Lalu pernah membayangkan bagaimana konsekuensinya ketika sebuah pemilihan umum berjalan tanpa sebuah pengawasan?

Kedua pertanyaan di atas merepresentasikan kekhawatiran Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (PERLUDEM), terhadap proses penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia. Dengan lebih dari 500 pemilihan umum bagi kepala daerah dan jumlah pemilih yang mencapai 190.000.000 penduduk, jelas pengawasan pemilihan umum menjadi hal yang sangat penting namun tidak mudah.

Satu penghambat utamanya adalah data. Bukan karena ketidaktersediaan data yang menjadi kendala utama, yang sebenarnya sudah dimiliki oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). Namun yang menjadi kendala adalah tidak banyak pihak yang mengetahui kemana harus mengakses data-data tersebut. Walaupun KPU RI sudah memiliki situs kpu.go.id, situs tersebut masih sangat terbatas kapasitasnya untuk menampung dan menampilkan seluruh data tersebut.

Untuk itulah kemudian PERLUDEM bekerjasama dengan KPU RI, meluncurkan inisiatif API Pemilu. API Pemilu yang merupakan singkatan dari Application Programing Interface Pemilu adalah sebuah platform data terbuka pemilihan umum di Indonesia yang digunakan sebagai media untuk mempermudah akses kepada data-data terbuka terkait pemilihan umum yang dikumpulkan oleh Perludem dan KPU RI untuk kemudian digunakan oleh publik melalui berbagai aplikasi dan situs web yang ingin menyediakan informasi yang terbaru di seluruh pilkada legislatif, presiden, dan kepala daerah.

Melalui data yang bebas dan terbuka dari Perludem ini, API Pemilu memungkinkan semua pihak secara luas untuk berbagi, menggunakan, dan mengolah kembali informasi pemilihan yang tersedia untuk umum.

Pada penyelenggaraan Open Government Partnership Summit 2016 di Paris, ide inovatif dari inisiatif API Pemilu ini ternyata mendapatkan apresiasi dengan dianugerahi peringkat kedua Open Government Awards 2016. Dalam penganugerahan ini API Pemilu mengalahkan inisiatif dari tiga puluh negara lainnya. Dalam Open Government Awards 2016 ini dicari inisiatif-inisiatif masyarakat sipil yang menggunakan data milik pemerintah untuk membawa manfaat nyata. Inisiatif-inisiatif dari berbagai negara dinilai dari dampaknya di dalam meningkatkan partisipasi warga negara di dalam isu-isu pemerintahan, meningkatkan fungsi pemerintah dan menciptakan layanan baru dengan nilai sosial dan komersial.

Pada kesempatan istimewa tersebut Titi Anggraini, Direktur Eksekutif PERLUDEM hadir di Paris untuk menerima penghargaan ini. Dalam pidatonya Titi menyampaikan penghargaan terbesar kepada KPU RI sebagai mitra PERLUDEM. Inisiatif ini bisa terealisasi karena ada keterbukaan dan kemauan untuk berkolaborasi dari penyelenggara pemilu, dalam hal ini secara khusus KPU Republik Indonesia”, jelas Titi. Secara khusus kami mengapresiasi KPU yang memiliki komitmen kuat pada keterbukaan dan transparansi data kepemiluan” tambah Titi. API Pemilu merupakan wujud nyata bahwa institusi negara bisa bekerja bersama masyarakat sipil untuk mewujudkan tata kelola pemilu yang baik yang juga sejalan dengan misi Open Government Partnership.

(SeknasOGI/LO)

###

Komentar

Newsletter