Navigasi

KABAR

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia

2014, Komitmen Indonesia untuk Open Data

  • Kamis, 01/03/2014
  • 0
  • 278

open data day



Tahun 2014 merupakan tahun Open Data. Demikian diungkapkan Mardianto Jatna, Asisten Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) saat menjadi pembicara kunci (keynote speech) dengan membawakan presentasi bertajuk “Menuju Open Data Indonesia” dalam acara “Open Data untuk Pembangunan: Lokakarya Pembangunan Kompetensi dan Sosialisasi” di Kampus Anggrek, Binus University Jakarta, Sabtu (1/3).

Ungkapan dari Mardianto tersebut merupakan bentuk komitmen Indonesia untuk mendukung gerakan Open Data. Baginya Open Data merupakan langkah positif untuk memperbaiki sistem birokrasi di Indonesia. “Data yang terbuka akan mendorong peningkatan layanan publik yang lebih baik. Hal tersebut juga tentunya merupakan wujud keterbukaan pemerintah yakni membuka akses publik terhadap informasi dari pemerintah,” ungkapnya.

Mardianto juga menjelaskan bahwa di pertengahan tahun 2014, portal Open Data ditargetkan dapat diakses secara penuh oleh publik. “Kami menargetkan di bulan April 2014 portal Open Data akan diluncurkan,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 100 partisipan yang melibatkan kalangan akademisi, mahasiswa, maupun praktisi yang mempunyai ketertarikan terhadap gerakan Open Data. Acara ini juga menghadirkan berbagai pembicara yang berasal dari berbagai institusi yang berkomitmen untuk mendukung gerakan ini, seperti UKP4, Bank Dunia, Tim Nasional Percepatan dan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Open Knowledge Foundation Indonesia (okfnID), IndonesiaWISE, Asia Knowledge dan Innovation Lab (AKIL). (OpenGov/MedComVII)

Komentar

Newsletter