RENCANA AKSI OGI

Rencana Aksi merupakan instrumen utama untuk memastikan kesinambungan ide, gagasan, dan kolaborasi dalam menjalankan prinsip-prinsip pemerintahan terbuka di Indonesia. Pahami dan mari awasi bersama-sama implementasinya.

TAHAPAN PENYUSUNAN RENAKSI 2017

Sekretariat Nasional Open Government Indonesia (OGI) saat ini sedang menyusun Rencana Aksi (Renaksi) Open Government Indonesia 2016-2017. Renaksi OGI merupakan sekumpulan program kerja yang disusun sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih terbuka, partisipatif, dan  inovatif.

Selain keterlibatan Kementerian/ Lembaga, satu pendekatan baru yang diperkenalkan di dalam Renaksi OGI 2016-2017 adalah pelibatan komitmen pemerintah daerah (K/L/D) di dalam menerapkan praktik-praktik baik prinsip pemerintah terbuka.

Proses penyusunan Renaksi dikoordinasikan oleh Sekretariat Nasional OGI dengan melibatkan partisipasi aktif perwakilan dari K/L/D maupun perwakilan masyarakat sipil.

Ada 5 (lima) tahap di dalam proses penyusunan yakni: penyiapan kerangka, penjaringan aspirasi, proses pemilihan pemerintah daerah percontohan renaksi, proses penajaman, dan finalisasi. Peluncuran Renaksi OGI 2016-2017 rencananya akan diadakan pada bulan Juli 2016..

Sekretariat Nasional telah membuka kesempatan bagi publik untuk berkontribusi secara aktif di dalam proses penyusunan Renaksi ini yang ditutup pada Jumat, 17 Juni 2016 melalui alamat surel: contact@opengovindonesia.org.

Untuk mengikuti lebih lanjut perkembangan penyusunan Renaksi OGI, silahkan unduh dokumen di bawah ini:

Penjaringan Aspirasi

Merangkum aspirasi publik terhadap arah kebijakan pemerintahan terbuka pada rencana aksi 2016-2017

Lokakarya Penyusunan

Mengedepankan pendekatan partisipatif, perwakilan pemerintah dari berbagai Kementerian dan Lembaga duduk bersama koalisi masyarakat sipil

Assessment Daerah

Seknas OGI dibantu koalisi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) melakukan assessment ke beberapa pemerintah daerah di Indonesia

Penajaman

Seknas OGI menfasilitasi serangkaian diskusi dengan pemangku kepentingan terkait untuk menajamkan setiap usulan komitmen dalam Draft I Rencana Aksi

Finalisasi

Proses penyelarasan dan pemutakhiran terakhir Rencana Aksi Open Government bersama seluruh stakeholder OGI sebelum diluncurkan

Newsletter